Wednesday, August 1, 2012

Pentingnya Psikologi Pendidikan

Malem readers.. :) sekedar mau share sedikit nih, menurut kalian semua bagaimana kita menerima ilmu yang kita pelajari selama ini? Sebagai orang dewasa, kita lebih susah untuk belajar dibanding zaman prasekolahan dulu? Terkadang juga kita mudah untuk belajar sesuatu subjek, namun susah pula untuk subjek yang lain? yuuk kita kaji bareng-bareng..
Karna kebetulan aku calon guru, disini aku mau coba klarifikasi sedikit dari sudut pandang guru. hehhe.
Profesi guru itu gampang-gampang susah loh sebenernya dijalanin, kenapa? karna tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa guru itu kerjanya gampang, cuma dateng ke sekolah, masuk kelas, trus ngajar. Tentu gak segampang itu, karna guru mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar demi kesuksesan dan kemajuan bangsa kita tercinta ini. Bener gak? Dari mulai presiden, pejabat negara, gubernur, bupati, dll.. mereka semua bisa sukses karena siapa? "GURU BUKAN??" Mereka dididik dari mulai TK (yang pernah TK sih), SD, SMP, SMA sampe ke perguruan tinggi (baik swasta maupun negeri). Yah walaupun notabene, banyak faktor pendukung yang lain seperti lingkungan, usaha, kemauan, kerja keras dan doa sebagai tahapan menuju kesuksesan tersebut. Guru itu terlibat langsung dalam pelaksanaan kurikulum dan program pendidikan sekolah. Peranan yang dimainkan oleh seorang guru dalam sebuah sekolah amat penting loh, terutama dari segi pencapaian aspirasi sekolah. Disamping itu, guru juga menjalankan tugasnya sebagai pengganti ibu-bapak disekolah, dalam arti.. guru boleh memberi pandangan, nasihat, dan dapat  menjadi contoh dalam aspek tingkah laku dan hal-hal pribadi. Sesuai dengan namanya kan "guru" berarti "digugu dan ditiru :D
Karna guru mendidik generasi baru, guru harus menguasai aspek psikologi pendidikan terutama yang berkaitan dengan perkembangan manusia. Dengan pengetahuan ini, maka guru dapat merancang, menyampaikan, dan menilai pengajarannya dengan lebih berkesan lagi. 
Nah, disini aku mau mengutip sedikit mengenai "Kepentingan Psikologi Kepada Guru" :
  1. Membolehkan guru memahami mengapa pelajar bertingkah laku begini atau begitu, membantu pelajar lebih memahami diri mereka sendiri, membantu guru merancang objektif dan matlamat pembelajaran yang sesuai degan pelajarnya dan merumuskan langkah-langkah supaya pelajarnya dapat mencapai matlamat dan objektif pembelajaran yang ditetapkan.
  2. Guru juga dapat meramalkan tingkah laku pelajar, apa yang digemari pelajar dan apa yang tidak disenanginya pada peringkat umur tertentu. Oleh karena itu, pengetahuan ini dapat membantu guru merancang peneguran yang sesuai untuk pelajarnya dalam usaha mengawal tingkah laku pelajar dan dalam memotivasi pelajar supaya rajin belajar.
  3. Melalui kajian tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia, guru dapat mengetahui tahap p;erkembangan pelajar-pelajar dari segi fizikal, kognitif, sosial dan emosi. Oleh karena itu, guru dapat merancang pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan pelajar-pelajarnya.
  4. Guru juga dapat mereka cipta alat ujian yang mudah dalam mengenal pasti tahap perkembangan pelajar-pelajarnya terutama pelajar yang bermasalah. Setelah guru mengetahui aras perkembangan pelajar, dapatlah dia menyediakan program atau aktiviti yang sesuai untuk pelajar tersebut dalam meningkatkan prestasi pembelajarannya.
  5. Guru dapat menjalankan penyelidikan berkaitan isu-isu dalam bidang pendidikan seperti masalah disiplin bilik darjah, masalah ponteng sekolah, masalah merokok, dan sebagainya. Data dan maklumat yang diperoleh akan dapat membantu guru membantu pelajar menyelesaikan masalah dan meningkatkan masalah dan meningkatkan kualiti pengajaran dan pembelajaran.
  6. Psikologi pendidikan akan dapat membantu guru memahami personaliti dan konsep kendiri pelajar. Dengan ini, guru akan dapat membantu pelajar ke arah pembentukan konsep kendiri yang positif.
Nah, beberapa poin diatas tadi dikutip dari salah satu digital book berupa pdf. yang menjadi sebagian dari referensi aku dalam kajian ini. Jadi intinya, subjek psikologi pendidikan ini perlu dibekalkan pada guru. Kenapa?? karna guru tugasnya bukan sekedar menyampaikan ilmu saja, tetapi juga untuk melahirkan seorang manusia berbudi pekerti yang baik serta bertanggungjawab kepada keluarga, bangsa dan agama tentunya. Setuju readers???Semoga bermanfaat ya :'))
See you to the next session ..

No comments:

Post a Comment